Rabu, 06 Maret 2013

Kemana Nasib MySQL Dalam Dekapan Oracle

MySQL logo
Aku berpendapat bahwa Oracle mendapat banyak manfaat dari kepemilikan MySQL melalui akusisi Sun Microsystems tiga tahun lalu. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa Oracle RDBMS dan MySQL RDBMS saling bersinggunang di beberapa segmen pasar. Jadi, wajar bila ada pertanyaan: "Kemana Nasib MySQL Di Bawah Manajemen Oracle?".

Faktanya, komunitas open source MySQL kurang menanggapi positif atas kepemilikan Oracle ini. Contohnya, co-creator MySQL, Monty Widenius, terlihat lebih aktif memupuk fork MySQL, MariaDB, yang tentu saja disambut baik oleh industri yang tetap menginginkan RDBMS bagus yang open source. Belum lagi dukungan para pengembang aplikasi pihak ketiga, yang sebelumnya menggunakan MySQL, dengan memasukkan MariaDB dalam daftar aplikasi database yang didukung. Singkat kata, pasar MySQL sedang goyah karena hilangnya kepercayaan publik, yang mungkin juga disertai juga dengan menyusutnya pasar karena kompetisi sejenis.

Aku setuju dengan tulisan ini. Aku pikir sudah waktunya Oracle mempertimbangkan untuk "melepas" MySQL ke Apache. Hal serupa juga sudah pernah terjadi dengan produk warisan dari Sun Microsystems, yaitu Open Office, yang saat ini dikelola oleh komunitas open source Apache.