Kamis, 14 Maret 2013

Dicari, Pahlawan Sejati Indonesia

Waktu masih sekolah dulu, kita pernah diajarkan bahwa Indonesia berhasil meraih kemerdekaan berkat perjuangan para pahlawan. Guru-guru kita juga pernah berkata, bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat jasa para pahlawannya. Oleh karena itu kita wajib mengenang para pahlawan dan jasa-jasa yang telah mereka sumbangkan bagi kita semua. Setelah merdeka, apa kegunaan cerita dan sejarah perjuangan para pahlawan ini bagi bangsa kita? Apakah mengingat dan mengenang jasa para pahlawan dapat memajukan bangsa kita? Walau aku setuju dengan ujaran baku para guru kita di atas, mari kita coba memandangnya dari sudut lain.

Aku pikir Indonesia adalah bangsa yang selalu haus akan cerita kepahlawanan baru dan segar untuk dijadikan panutan pemersatu bangsa. Bukan hanya untuk diingat dan dikenang, tapi cerita tentang sosok ideal yang dapat memberi inspirasi pada bangsa kita untuk lebih maju. Bila tokoh tersebut tidak tersedia di masyarakat atau sejarah, maka kita perlu ciptakan atau temukan sosok tersebut. Kita dapat manfaatkan cerita rakyat, dongeng, hikayat, bahkan tokoh pembela kebenaran di komik-komik sebagai sosok cerita kepahlawanan yang aku maksud.

Sayangnya, selain tidak memiliki sosok ideal tersebut, berbagai cerita dan dongeng yang ada sudah hampir hilang dari ingatan kita semua sekarang. Bangsa Indonesia hanya punya cerita pahlawan-pahlawan perang kemerdekaan dan belum berhasil menemukan pahlawan-pahlawan baru yang dapat mengilhami kemajuan bangsa setelah meraih kemerdekaan. Bangsa kita sedang mengalami krisis kekurangan pahlawan sejati. Ada yang berminat untuk mengisinya?