Jumat, 08 Maret 2013

Jurus Jitu Berpikir Efektif

Diskusi silat lidah
Cukup ketik "Cara Berpikir Efektif" di Google dan tekan tombol enter, maka anda akan temukan banyak tulisan tentang topik ini. Tapi aku pikir semua tulisan ini terlalu bertele-tele dan tidak praktis. Berikut ini adalah jurus jitu agar dapat mempelajari cara berpikir efektif dengan cepat, tanpa perlu bosan karena berusaha memahami langkah-langkah proses pemikiran efektif secara detail.

Proses berpikir efektif timbul dari disiplin diri dalam mencari informasi yang sah sebelum dapat menarik kesimpulan. Untuk mampu berpikir secara efektif, hanya ada satu hal yang perlu anda lakukan:
Selalu berpikir hanya berdasarkan fakta
Jangan pernah anda berpikir hanya berdasarkan asumsi atau dugaan, hal ini akan menjauhkan anda dari fakta yang sebenarnya terpapar jelas di hadapan anda. Dengarkan baik-baik dan olah apa yang dikemukakan oleh orang lain sebagai sumber informasi. Klarifikasi informasi yang anda terima pada sumber informasi tersebut sebelum menarik kesimpulan tentang fakta. Dan, ujilah kesimpulan anda tersebut, hingga anda yakin betul akan kebenaran fakta yang anda terima dari sumber informasi tersebut.

Jadi, jadikan fakta sebagai pijakan utama dalam proses berpikir anda. Selamat mencoba!