Kamis, 18 April 2013

Manfaat LTFS Dalam Pengelolaan Aset Multimedia

LTFS logo
Kemarin, aku makan siang dengan rekan dari Quantum, Johnny Tan dan Isdi., sambil bicarakan manfaat teknologi LTFS dalam pengelolaan aset multimedia. Berikut adalah ide pemanfaatan teknologi ini untuk meningkatkan efisiensi kerja di perusahaan Industri Media, seperti di Production House, TV Broadcasting dan sebagainya.

LTFS (Linear Tape File System) adalah teknologi yang memungkinkan kita untuk menggunakan data dalam tape LTO-5 atau LTO-6 seolah-olah sebagai hard disk. Kita dapat men-drag & drop file dari server ke tape, melihat daftar file yang disimpan menggunakan direktori sistem operasi standar, dan mengakses file tersebut secara point & click. Sistem operasi yang mendukung teknologi LTFS adalah Linux, MacOS dan Windows. Manfaat dari teknologi ini adalah:
  • Kemudahan penggunaan: cukup drag & drop file ke dan dari tape.
  • Akses cepat: setelah data disimpan, direktori dan file ditampilkan pada layar secara langsung, tanpa perlu menjalankan perangkat lunak backup terlebih dahulu. Kita juga tidak perlu membangun kembali katalog setiap menampilkan direktori dan file.
  • Portabilitas file: tape dapat ditukar dengan mudah antara perangkat dan sistem operasi yang berbeda, sehingga file media dapat dipindahkan dengan mudah.

Mari kita lihat bagaimana teknologi ini dapat dimanfaatkan bersama dengan sistem Media Asset Management (MAM) dalam perusahaan media.

Layout tradisional Media Asset Management System

Secara tradisional, MAM menempati posisi sentral dalam jaringan infrastruktur perusahaan media. MAM melakukan pengelolaan aset digital dalam perusahaan tersebut. Dalam gambar di atas, rekaman video yang direkam oleh Kamera video dipindahkan ke sistem MAM dengan menggunakan hard disk USB eksternal. Media yang dikelola dapat di-edit melalui Workstation atau disimpan dalam Archive System untuk jangka waktu yang lama.
Layout Media Asset Management System dengan LTFS

Dengan menggunakan teknologi LTFS, penyimpanan dan pembacaan data dapat dilakukan langsung ke Tape Library, yang pengaturannya dilakukan melalui unit LTFS Appliance. Kamera, Workstation dan Archive System dapat dihubungkan ke sistem MAM melalui LTFS Appliance, yang juga mengatur penempatan data di tape library. Dalam hal ini sebuah LTFS Appliance berfungsi untuk menjembatani input dari Kamera, permintaan peng-edit-an dari Workstation, akses dan simpan media di Archive System dan tentu saja penyimpanannya dalam beberapa Tape Library.

Pemanfaatan teknologi LTFS meminimalkan kendala dalam pemindahan file media antar perangkat (misal dengan menggunakan hard disk eksternal), mempercepat proses kerja dan memberikan akses baca / tulis file langsung ke tape.