Rabu, 20 Maret 2013

Mulai Dari Kecil, Tumbuh Menjadi Besar

Pile Of Coins © hericamel - Fotolia.com
Jangan kaget saat berhadapan dengan fakta bahwa sekarang banyak yang melupakan hal ini. Silahkan simak renukanku ini.

Beberapa hari terakhir, aku temui orang-orang progresif yang menganut paham 'think big' dalam berkarya, tapi melupakan konsep 'start small' untuk memulainya. Mereka adalah orang yang mencari jalan pintas untuk meraih keberhasilan secara cepat, sambil meninggalkan proses dan kaidah alam yang harus kita lalui dalam tahap kehidupan.

Mari kita ambil contoh dari kehidupan sehari-hari. Kita semua pasti pernah melalui masa kanak-kanak. Berawal dari seorang bayi kecil yang perlu bimbingan orang tua, diri kita tumbuh besar, menjadi dewasa dan mandiri. Ini adalah kaidah alam. Sebelum menjadi besar, segala sesuatu harus dimulai dari satu langkah kecil terlebih dahulu. Proses kehidupan kita, dari kecil menjadi besar, adalah kodrat Tuhan Yang Maha Kuasa. Jangan pernah kita coba melawannya.

Aku perhatikan, pemahaman konsep 'think big' yang keliru dan ambisi keberhasilan yang tak terkendali menjadi faktor utama penyebab tersesatnya seseorang dalam buaian mimpi tentang keberhasilan yang semu. Aku pikir masalah ini dapat diatasi dengan memberikan konsep hidup yang benar sejak usia dini dan pembinaan karakter manusia, baik melalui sarana pendidikan formal atau informal.

Mulailah dari pekerjaan kecil terlebih dahulu. Bila Tuhan mengizinkan, suatu hari jerih payah anda akan tumbuh besar seindah bunga di pagi hari.