Kamis, 04 April 2013

Krita, Aplikasi Grafis Yang Bagus Di Linux

Logo Krita
Aku tidak kaget kalau kebanyakan pengguna Linux sudah mengenal GIMP sebagai aplikasi grafis populer di dunia Linux. Bahkan, aku pahami bila ada yang berpendapat bahwa GIMP adalah aplikasi Linux terbaik dalam hal manipulasi grafis. Tapi, sudahkah anda tahu Krita, program keren untuk melukis, gambar dan ilustrasi grafis dengan berbagai fitur yang luar biasa?

Contoh hasil gambar Krita
Krita adalah aplikasi gambar yang fleksibel bagi para seniman digital profesional, karena dilengkapi dengan berbagai peralatan untuk menuangkan konsep seni visual, storyboard, tekstur, membuat matte dan ilustrasi grafis, seperti: vektor dan raster, canvas, custom brush, filter, layer, macro, tagging, serta fitur unik lainnya seperti: Symetric, Mirror, Multi-Hand Painting. Format file yang didukung juga banyak, antara lain: Photoshop PSD, PNG, BMP, GIF, JPEG, JPEG-2000, EXR, PNM, EPS, PDF, OpenDocument ODG, OpenRaster, Camera RAW, TIFF, dan XCF. Sepertinya, aplikasi ini tidak kalah bila dibandingkan dengan Adobe Illustrator atau Adobe Photoshop.

Sebenarnya pengalamanku masih belum cukup dalam menggunakan aplikasi Open Source ini. Kesan pertama saat mencoba Krita (yang berarti Kapur Tulis atau Krayon dalam bahasa Swedia), aplikasi ini sulit digunakan untuk orang awam seperti aku. Namun kesan ini segera pudar dalam beberapa saat setelah aku lihat berbagai fitur dan potensi yang dijanjikan aplikasi ini. Kelihatannya, User Experience terbaik dapat dicapai bila kita menggunakan tablet untuk mengoperasikannya. Tablet memungkinkan kita untuk mengoperasikan Krita dengan menggunakan pointer, yang fungsinya mirip pena atau pensil tradisional. Sentuh permukaan tablet dengan pointer untuk menggambar, angkat untuk berhenti menggambar, tekan lebih keras keras untuk menebalkan aliran tinta, atau kurangi tekanan untuk tinta yang lebih redup.

Ada dua sumber informasi yang berguna untuk memahami Krita lebih lanjut: dokumen About Krita PDF, yang memuat berbagai gambar bagus yang dibuat dengan aplikasi ini, dan Comics With Krita DVD, yang merupakan DVD tutorial penggunaan Krita.

Selamat mencoba!