Senin, 05 November 2012

Renungan Awam di Suatu Malam

Suatu hari, saya perhatikan berbagai hal tentang kehidupan kita di kota metropolitan. Hal-hal seperti seorang teman terlihat lebih bertambah tua dibandingkan teman saya lainnya, komunitas yang terbentuk dan berakhir setiap hari, tren yang berubah dari waktu ke waktu, dan kisah cerita berbeda yang terjalin dan dimainkan bersama-sama oleh orang-orang di seputar kita. Aku merenungkannya dan berpikir tentang fenomena ini.
Apakah Tuhan, Sang Sutradara Yang Maha Kuasa, ataukah manusia memegang kendali penuh atas sandiwara masyarakat kota ini?
Malam ini, tepat sebelum saya pergi tidur, dalam renungan sebuah pemikiran menyelinap masuk dalam benak. Bagi saya sebagai orang awam, kita tidak perlu mempersoalkan apa dan siapa yang mengendalikan tingkah polah kehidupan urban ini. Yang penting adalah apa yang kita percaya dan bagaimana kita sebagai bagian dari populasi menjalani hidup dengan baik. Peran positif kita dalam masyarakat adalah salah satu hal yang mengendalikan hal-hal yang saya sebutkan sebelumnya.
Selamat malam, dan tetaplah bina pikiran positif.