Selasa, 09 April 2013

Support Windows XP Tinggal 365 Hari Lagi

Dukungan Windows XP tinggal setahun lagi
Halaman situs ini menjelaskan bahwa Microsoft akan menghentikan support bagi pengguna sistem operasi Windows XP pada tanggal 8 April 2014. Jadi, tinggal 365 hari lagi waktu yang dimiliki pada pengguna XP untuk migrasi ke sistem operasi yang baru. Tapi, sudah siapkah kita? Atau lebih tepatnya, sudah siapkah Microsoft dalam melaksanakan kebijakannya ini?

Tahun 2002, Microsoft meluncurkan kebijakan Microsoft Support Lifecycle (MSL), yang memberi jangka waktu dukungan selama 10 tahun sejak produk Microsoft dipasarkan. Hal ini berarti, Microsoft akan menghentikan segala bentuk dukungan bagi Windows XP pada tanggal 8 April 2014.

Stephen Rose, Senior Product Manager Windows Commercial menulis dalam posting blog sebagai berikut:
"If your organization has not started the migration to a modern desktop, you are late,"
--- Stephen Rose
Beliau mengungkapkan, rata-rata sebuah perusahaan membutuhkan 18 sampai 32 bulan untuk mencapai implementasi "modern desktop" (yaitu Windows 7 atau Windows 8) sepenuhnya, dan mengajak perusahaan untuk memulai perencanaan dan pengujian aplikasi sesegera mungkin untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Tapi jangan berharap bahwa dengan melakukan upgrade XP ke Windows 7 atau 8 maka segala masalah sudah selesai, karena:
"You will need to do a clean install,"
--- Stephen Rose
Artinya, beliau mengingatkan bahwa seluruh data harus dimigrasi dan seluruh aplikasi harus dipasang ulang di sistem operasi yang baru. Dua hal ini bukan masalah gampang, karena berkaitan dengan berbagai aspek di masing-masing perusahaan dan kompatibilitas tiap aplikasi dengan sistem operasi yang baru. Hal ini dapat menjadi penghalang pengguna XP untuk pindah ke Windows 7 atau 8. Secara tidak langsung, Stephen Rose menyiratkan bahwa proses upgrade dari XP ke Windows 7 atau 8 itu, bagi perusahaan, sulit dilakukan.

Desktop Operating System Market Share March 2013
 
Berdasarkan data Desktop Operating System Market Share NetMarketShare bulan Maret 2013, kira-kira 38.73% pengguna PC masih menggunakan Windows XP, sedangkan Windows 7 sebesar 44.73%, Windows Vista sekitar 4.99%, dan hanya 3.17% saja yang sudah mengupgrade ke Windows 8! Ternyata jumlah pengguna Windows XP masih sangat dominan dan tidak dapat diabaikan begitu saja.

Melihat fakta-fakta ini, aku tidak yakin bila Microsoft sudah benar-benar siap untuk menghentikan segala support bagi pengguna Windows XP tahun depan, dengan taruhan meng-anaktiri-kan 38.73% market share pengguna setia produknya.